MATEMATIKA! Urutan pertama jurusan bergaji BESAR

Mungkin kebanyakan orang, termasuk anak SMA masih bingung memilih jurusan untuk menlanjutkan kuliah Universitas/Perguruan Tinggi. Sebelum memilih, pasti ada pertimbangan.

Pertimbangan tersebut bisa berupa sebagai berikut.

  • Dari kemauan/bakat dari DIRI SENDIRI

Ingat! LOVE what you do, and DO what you love

  • Pertimbangan/pendapat orang tua

Restu orang tua akan membawa keberkahan dan kebahagiaan

  • Peluang Kerja.

Pertimbangan ini dapat didukung pendapat dari sebuah buku 7 Jurusan bergaji besar karya Ina Liem.

Tetapi jurusan MATEMATIKA ada 2 Fakultas, yaitu:

  1. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA)
  2. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
  • Jika kuliah matematika di FMIPA, maka akan belajar tentang MATEMATIKA MURNI.

Artinya mendalami/meneliti matematika. Lulusan S1-nya dapat bekerja di Lembaga Penelitian/Pemerintah.

Lulusan FMIPA bisa menjadi guru, dengan syarat mengambil pendidikan Akta-VI.

  • Jika kuliah (pendidikan) matematika di FKIP, maka akan belajar tentang MENGAJAR MATEMATIKA.

Artinya Mengajar Matematika dan bergelut di bidang Pendidikan. Lulusan S1-nya dapat mengajar di Sekolah dan Institusi.

Lulusan FKIP juga belajar tentang matematika murni, tetapi tidak terlalu mendalami.

Mengapa matematika urutan pertama jurusan yang bergaji BESAR?

Jawabannya: Karena lulusan matematika FMIPA atau FKIP bisa menjadi PAKAR ANALISIS di perusahaan besar (INFORMATIKA dll).

JADI, PILIHLAH JURUSAN DENGAN PERTIMBANGAN YANG MATANG!

101 thoughts on “MATEMATIKA! Urutan pertama jurusan bergaji BESAR

    • menurut kakak, ada sedikit hambatan. Karena MTK IPA ada beberapa materi yang tidak ada di MTK IPS. Materinya kayak vektor, transformasi, logaritma, eksponen, matriks dan lain-lain. TAPI, ketika kamu sudah masuk PTN/PTS jurusan Matematika FMIPA (murni), itu tergantung diri kamu sendiri. Materi yang ada di MTK IPA bisa kamu pelajari secara mandiri ataupun dengan tutor🙂

    • Kak kalo lulus fmipa matematika kerjanya jadi apa aja dan pekerjaannya itu ngapain? Trus mau nanya kalo kuliah fkip matematika kan bisa magang jd guru di bimbel /private gitu. Kalo kuliah jurusan fmipa matematika murni ada lowongan magang saat masih kuliah semester 1/2 tidak??

      • lulusan fmipa mtk bisa kerja di perusahaan swasta, badan statistik, asuransi, pemerintah, dll. Kerjanya beragam, luas.

        bagi fmipa mtk, utk magang ngajar ada beberapa bimbel tidak mempermasalahkan. utk private, jurusan apa aja bisa kok (asal bisa ngajar dan orang yang diajar tidak masalah)🙂

  1. Kak,,bisa gak saya lulus SNMPTN jursan MTK murni tp nilai saya smpet mnurun stu angka, tp kmudian naiknya mlonjak…

    Jwad y kak,,saya udah kls 3 soalnya…

    • Bisa. BISA SEKALI. Dalam seleksi SNMPTN, yang dilihat adalah nilai rata-rata kamu dan (biasanya) peringkat. Nilai kamu sempat turun atau tidak, itu tidak berpengaruh. Kalo mau lulus SNMPTN jurusan FMIPA MATEMATIKA, kamu butuh strategi: Kamu mendaftarnya sesuai dengan kemampuan kamu.

      TIPS-nya: Daftar SNMPTN jurusan FMIPA MTK (murni) di Universitas yang bagus dan sedikit peminatnya. Semakin ramai yg mendaftar, peluang kamu semakin kecil.

      Selamat berjuang bro!🙂

      • Kak mau nanya ni masalah biaya kulia jurusan matematika itu gima ya ? Mulai dari pendaftaran sampai per semester ? Khusus matematika FKIP

      • maaf ya, kakak kurang tau. karena tergantung universitasnya.

        kalo universitas negri, ada yang spp UKT, tergantung kemampuan ekonomi mahasiswanya.

        kalo swasta, biasanya bisa dilihat pada brosur mereka🙂

    • Naik terus? Alhamdulillah🙂

      Kakak dulu kuliah di Universitas Sriwijaya di Palembang. Asal kakak Bangka Belitung.
      Kakak skrg pindah di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.

      Kalo mau nanya lagi, tanya ya🙂

  2. Kak,,mau nanya lg kak…

    Prnah mama tmen sya dpet beasiswa s2 ke londo univercity dg cuma2 kak… Nah kok bisa kak??

    Trus klo kita ingin dpet beasiswa di luar negri tipsnya gmana kak, (pngennya sh di UK ªjª )…?

    • Beasiswa S2 untuk luar negri itu tergantung sumbernya.

      Kalo mau S2 di luar negeri, coba kamu tanya sama temen mama kamu.. dia dapet beasiswa itu darimana? lembaga apa? gituuu..

      Tipsnya: Kuasai TOEFL dan (usahakan) cakap dalam berbicara bahasa Inggris.

      Min. TOEFL nya 550. Kalo kamu capai itu, yang lain menyusun untuk dicapai🙂

  3. kak saya mau nanya, apakah jurusan matematika tuh haya matematika murni saja? dan tapi mengapa banyak orang bilang kalau jurusan matematika tuh peluang lapangan kerja nya sangat sempit sekali di bandingkan dengan jurusan yang lain ?

    • Tidak. Matematika ada dua jenis jurusan: Matematika Murni (FMIPA) dan Pendidikan Matematika (FKIP). Ya, di Indonesia sendiri untuk lulusan matematika murni masih sedikit dan ketat persaingan dalam lowongan kerja. Karena, matematika murni banyak digunakan untuk penelitian atau bidang pengembangan. Lulusannya biasanya bekerja di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan perusahaan-perusahaan swasta (menyangkut Statistika dan Asuransi). Itu yang membuat peluang kerja nya sangat sempit.🙂

      • Iya. Realita lapangannya seperti itu. Lulusan Matematika (FMIPA) juga dari tahun ke tahun selalu bertambah. Persaingan sangat ketat.

        Yang pasti, SKILL dan ILMU selalu dibandingkan dengan yang lain. Pada akhirnya, perusahaan butuh seseorang yang terbaik.

        TETAP OPTIMIS!

    • Tentang beasiswa Dalam Negri, pemerintah punya beasiswa BidikMisi. Tiap tahun (*peraturan bisa berubah-ubah) dikti membuka beasiswa tsb.

      Selain itu, ada beasiswa lain yang bisa didapat pada masing-masing universitas negeri/swasta itu sendiri.

  4. Halo kak saya jurusan IPS di sma skrg.. Kalo saya ingin jadi guru/dosen jadi kuliahnya pilih FKIP ya? Apakah mungkin saya diterima atau jurusan saya dpt menghambat? Trims

    • Iya, pilih FKIP aja.
      Tidak ada hambatan ketika pendaftaran dan IPS dan IPA seimbang (*pengalaman).

      Pada pendaftaran, baik SNMPTN, SBMPTN, atau Ujian Mandiri lainnya, kamu bisa pilih Ujian tertulis CAMPURAN ( gabungan Saintek & Soshum).

      Pada perkuliahan, anak IPS punya sedikit hambatan. Ada materi MTK IPA yang tidak diajarkan di IPS. Seperti Integral, Limit, Trigonometri, Dimensi Tiga, dll.

      Yang penting, TERUS BERUSAHA!

      KITA SEMUA PUNYA KESEMPATAN YANG SAMA.
      Fighting!🙂

      • Kak kalo fkip matematika prospeknya gimana? Sedangkan fkip fisika?
        Saya bingung mau ambil teknik atau fkip.. Kan kalo cowo dituntut nantinya menghidupi keluarga, nah apakah kiranya dengan fkip ini lulus tp blm pns bisa cukup menghidupi keluarga gitu?

      • Prospek fkip mtk baik. Walaupun belum menjadi pns, ketika smt 1 atau 2, kamu bisa mengajar privat sendiri atau di tempat bimbel yang ada.

        Setelah lulus, sebelum jadi pns, kebanyakan dari orang yang ada di sekitar kakak, mereka menjadi manajer atau pengajar tetap di berbagai tempat bimbel.

        Untuk formasi fkip mtk di penerimaan cpns, tergantung pada kebijakan menpan, membutuhkan berapa tenaga S1 FKIP Matematika.

        Hal itu sama seperti FKIP Fisika.

        Perbandingan Teknik dan FKIP sekarang ini sama-sama sulit. Tergantung peluang yang ada. Ada saatnya dan tahun-tahunnya, penerimaan tenaga teknis di BUMN melunjak tinggi.
        Saran kakak, diskusikan matang-matang dengan orang tua demi masa depan kita juga.

        Ohya, lulusan fkip yang belum pns itu bisa menghidupi keluarga atau tidak, itu tergantung pada usaha individu masing-masing. Jika ditanya bisa atau tidak, kakak optimis bisa. karena kita bisa mengajar di sekolah swasta dan privat sendiri dirumah murid ataupun rumah kita.

        Keep husnudzon!🙂

  5. Kak mau nanya, aku kelas 12 ipa, aku suka Matematika tpi nilai aku itu rendah dripda Kimia atau Fisika yg ga terlalu aku suka..
    Aku suka karna aku antusias banget klo lagi jawab soal trus harus bisa jawab, pengen banget tau datangnya rumus itu dimana? kenapa jdi gini? Dll
    Kira” aku harus masuk MIPA atau FKIP Matematika?
    Tolong jawab ya kak😉 maaf juga udah curhat hehe😀

    • hahahaa gapapa..
      Kalo MIPA, kamu butuh pemahaman teori secara mendalam terhadap matematika, lebih kepada kemampuan pribadi. Menurut kakak, cocok untuk jadi dosen (kalo S2).

      Kalo FKIP, kamu bukan hanya butuh teori, juga butuh kemampuan mengajar dan mengatasi murid. gituuu😀
      S2 juga bisa jadi dosen.

      Diantara MIPA dan FKIP ada positif-negatif nya masing-masing.
      Kebanyakan temen kakak di Matematika MIPA, mereka suka matematika dan mau kerja di perusahaan atau instansi. Kurang minat untuk mengajar.
      Kalo temen kakak di Matematika FKIP, mereka suka matematika, pinter, dan suka ngajar. Ada yang mau jadi guru dan ada juga yang mau jadi dosen. Karena FKIP kan memang ditujukan untuk jadi tenaga pengajar.

      Saran kakak, ukur dulu minat dan konsultasi sama orang tua🙂
      Maaf lama banget balesnya hehe

  6. Kak, saya kls12 jur IPA, sampai skrg saya bingung mau ambil jurusan apa dan univ nya, soal jur saya suka pljrn mtk dari smp, tp akhir2 ni kecepatan saya menurun dlm hal mnjwb soal, saya krg teliti. Dan saya ragu kalo ambil FKIP MTK saya takut nanti cuma bisa jd guru apalgi jd guru honorer saya prnah dgr kalo guru skrg udh byk, lagian kakak saya juga FKIP MTK saya mau ada variasi dlm hal pkrjaan dg kakak saya tsb tp dlm hal pljrn saya lbh trtarik dr MTK, dan soal univ sebagian tmn saya ada yg niat msk ke jawa tepatnya jogja, saya jg pengen kuliah disana, tp byk hal yg saya pikirkan kak, dari mulai takut ikut2an tmn saja yg akan buat saya nyesal nantinya, jauh dari ortu krna saya dri riau, plgnya 1x sem, saya pgen ksna jg karna jogja trkenal dg gelar kota pelajarnya dan tntu sistem pendidikannya jg baik tp kalo ada prmslhn kuliah saya gak tau mau minta konsultasi ke siapa, kbtulan keluarga saya byk bergelut dibidang mtk, jd kalo saya kuliah di riau saya jd gak bingung.Saya jg orgnya gak sabaran kak, jd ada tmn smp blg kalo saya gak cocok jd guru krna sifat tsb. Cita” saya skrg jd dosen, kasih saran ya kak dan tips biar cpt lulus s1 dan s2 diusia muda krna kalo saya cuma ambil s1 nanti bisa gak kepake, sebab byk org lulusan s1, tp kalo saya lgsg s2 nantinya saya krg pengalaman dlm pkrjaan nantinya.
    Jawab ya kak, bener2 bingung. Maaf kepanjangan kak^_^

    • Untuk jadi dosen, MTK di FMIPA dan FKIP bisa saja. Karena syarat dosen haruslah S2. Beda nya ketika S1 aja..
      Menjadi guru ataupun dosen pasti ada prosesnya, bagaimanapun dirimu. Pilihlah dengan bijak.

      pada tahun 2015 ini, lulusan FKIP sangat banyak formasinya. Selain itu, selalu ada lowongan untuk mengajar dimanapun.
      Kebanyakan lulusan FMIPA malah beberapa ada yang mengambil Akta IV untuk mengajar.
      Inilah adanya.

      Dan untuk univ nya di daerah mana, itu sama saja. Karena tetap bergelar yang sama. Bedanya adalah lingkungan. Lingkungan bisa membuatmu nyaman dan bisa saja sebaliknya.
      maaf telat bales🙂

  7. kak, saya minta saran dong. Nilai matematika saya alhamdulilah naik terus ga ada yg turun. 80 82 85 86 91 tapi untk exact yg lain ada yg turun. nah saya pengen bgt masuk jurusan matematika lwat prog bidikmisi. saya ada beberapa pilihan antara FMIPA ITB, PEND UPI, IPB,dan UIN pend matematika. saya sangat bingung harus menjadikan urutan 1 untk SNMPTN. apalagi untk SBMPTN nanti. kendalanya saya takut ga dterima karena pesaing yang tinggi juga di indo trutama jabar

    • Sebenarnya, semua keputusan ada di tangan kamu. Karena bisa saja kamu (jika sangat menginginkan FMIPA ITB ataupun PEND UPI atau dll), kamu bisa langsung mendaftarkan target terbesar kamu pada SNMPTN.

      Atau…

      Memilih TARGET yang secara nyata bisa untuk kamu tembus pada SNMPTN. Dan berjuang untuk target terbesar kamu pada SBMPTN.

      Perlu diketahui:
      Kuota SNMPTN lebih besar
      Tetapi yang mempunyai nilai tinggi sepertimu atau diatasmu juga besar
      Terlebih lagi, lewat program bidikmisi.

      Menurut kakak, untuk kondisi kamu saat ini,kalo kamu pilih PEND MTK di UPI peluang kamu besar (jika rata-rata nilai rapotnya 90an~)
      Masalah kualitas kampus, kamu bisa lihat sendiri http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php
      Untuk FMIPA ITB, kuota besar tetapi peminat juga besar.

      Mungkin itu🙂

  8. Menurut kk, universitas yang bagus dan jarang diminati oleh orang untuk jurusan Matematika sehingga memungkinkan buat lulus SNMPTN apa?

    • Semua bergantung pada kondisi dan daerahnya. Lakukan saja apa yang kamu suka dan pilihan baiknya sesuai dengan keadaan masing-masing.
      Menurut kakak, dalam hal peminat di pulau sumatra sendiri masih banyak universitas yang jarang diminati. Kebanyakan dari orang pribumi itu sendiri.

      Yang sangat diminati kebanyakan orang adalah universitas yang terkenal sejak dulu (pastinya). Dan yang paling penting, pilih sesuai kondisi masing-masing🙂

  9. kak mau tanya…
    aku mau ambil jurusan matematika di fmipa,tapi nilai matematika q di salah satu semester ad yang turun.gimana ya kak……..?

    • maksudnya untuk pengajuan di SNMPTN? Coba tanya gurunya yg paham duluuu.. Kalo bisa, coba aja nanti matematika fmipa🙂

  10. kak saya mau nanya. Saya kan kuliah di UNJ prodi Pend.Matematika ya. Nah nanti pas udh lulus saya bisa kerja di Bank Indonesia/ BPS ga??? Terima kasih🙂

    • tergantung tempatnya. tapi SMP Pemerintah atau swasta, kebanyakan dari mereka menerima yang sudah terakui🙂

  11. Kak, sekarang aku baru naik kelas 12ipa, jadi aku pingin jadi Dosen Matematika. Jadi sampai sekarang aku masih bingung harus ngambil FKIP atau FMIPA, padahal udah banyak artikel di blog2 yg udah aku baca tentang itu. Yang ada aku malah jadi bimbang antara keduanya, tlg sarannya ya kk, makasih..

    • Dalam hal memilih FKIP atau FMIPA itu semua tergantung KESUKAAN ataupun DOMINAN kamu dimana. Kalo FMIPA, ketika menjadi dosen, mata kuliah yang diajarkan adalah MATEMATIKA murninya.
      Kalo FKIP, cenderung pada mengajarkan di bidang PENDIDIKANnya, bukan pada Matematika itu sendiri.

      Untuk peluang kerjanya, FKIP lebih unggul utk S1 Pendidikan Matematika (untuk mengajar).🙂

  12. Ass. ka mau nanya.
    Sya baru mau kuliah dan alhamdulilah sya lulus snmptn jrusan fkip matematika. jadi gini ka, akhir2 ini sya denger dari senior katanya klo kuliah ngak slesai dalam waktu 5 tahun, kitanya bisa langsung di DO ! Apa itu bener kak? Dan kalo ternyata bener, gimna caranya spaya hal itu ngak trjadi? Minta solusinya dong ka, apa lagi matematika ini susah banget. Makasih.

    • Menurut kakak, memang benar bahwa untuk S1/D-VI ada jangka waktu 4-5 tahun. Tak bisa dipungkiri, pemerintah menjelaskannya pada Permendikbud 49/2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT).

      Tetapi jangan khawatir, karena di jurusan manapun itu bergantung orangnya masing-masing.
      Bagaimana caranya dia membuat karya tulis atau skripsi, dan juga dengan bantuan Dosen Pembimbing.

      Terlebih khusus lagi pada FKIP MATEMATIKA. kita dapat MEMILIH tema skripsi mengenai PENDIDIKANnya itu sendiri ataupun MATEMATIKA.

      Pembelajaran butuh proses dan kemauan.
      Pengalaman pribadi, ada beberapa teman kakak sendiri bisa dikatakan “Lebih Unggul” di kelas, namun karena tingkat kemauan untuk menyelesaikan karya menurun ataupun ‘malas’, sampai saat ini skripsinya belum selesai juga🙂

      • kakk.sya mau nanyak …
        yang menentukan kelulusan fkip mtk. diliht dri IPnya atau kemampuan kita saat diberikan tugas” dri dosen !!??

      • Kelulusan memiliki persyaratan antara lain:
        – Mahasiswa yang telah mengumpulkan sekurang-kurangnya sejumlah kredit minimum yang dipersyaratkan untuk program belajar yang ditempuhnya dinyatakan telah menyelesaikan program belajar apabila memenuhi syarat:

        IPK >= 2,00 untuk S0 dan S1;
        IPK >=2,75 untuk S2; IPK >= 3,25 untuk S3
        Tidak ada nilai E untuk S0 dan S1, tidak ada nilai D untuk S2 dan S3;
        Untuk S0 dan S1 nilai D tidak melebihi 10% dan jumlah kredit yang ditetapkan oleh program studi yang diikuti;
        Lulus ujian pendadaran;
        Menyelesaikan dengan baik perbaikan tugas akhir, skripsi, tesis, atau disertasi.

        gitu kira-kira🙂

  13. assalamu’alaikum.. kak mau tanya, kalau ada sertifikat/piagam tapi berlabel peserta aja itu trmsk piagam prestasi apa bkn? Bisa ikutan di submit gk kak? Terima kasih ^_^

    • wa’alaikumsalam.

      maaf nih kurang ngerti hehe untuk apa. tapi biasanya.. sertifikat/piagam sbg peserta atau partisipan termasuk kok ^_^

  14. kak kan saya mau daftar usm unsri di fmipa khususnya di matematika, tapi saya tidak begitu menyukai pelajaran matematika. menurut kkak pelajaran matematika itu sulit atau tidak? saya bingung kak nantinya saya tidak mampu di matematika, sbnrnya saya lebih menyukai pljrn kimia kak berhubung matematika lebih banyak peluang kerja dibanding kimia makanya saya ambil jurusan matematika saja. menurut kakak lebih baik yg mana?

    • sulit atau tidak itu tergantung sama individu nya sendiri. matematika intinya pada penalaran dan pemahaman. kalo misalnya mudah paham di matematika. kamu bakal mudah kuliah matematika.

      kalo menurut kakak, matematika itu mudah kok kalo kita niat. ikhlas belajar nya, gak pantang nyerah.
      apalagi kalo ada temen yang bisa diajak belajar bareng🙂

      kalo matematika tuh, kita bisa luas bantu orang disekitar. anak SD, SMP, SMA bisa kita bantu. kalo kimia, paling SMA.

      trus kalo butuh kerja, kakak bisa cari private gitu. (kalo gakmau repot) hehe

  15. Mas mau tanya,,,aq udah umur 26 tp pgen kuliah ambil fkip.menurut anda aq udh ketuaan g sih klo mau kuliah dan peluang kerjanya susah g sih untuk sarjana yg udh berumur???

    • kalo misalnya PASSION kamu disitu dan tidak ada batas umur untuk universitas yang dituju, gak ada kok namanya ketuaan🙂

      peluang kerja setelah wisuda juga gak ada kaitannya ke umur kok. biasanya di tempat bimbel atau kerja sendiri gak batasan umur atau memprioritaskan yang lebih muda.

      Mereka lebih memperhatikan KUALITAS mengajar kita, bukan umur.🙂

  16. Assalamualaikum kak..
    Saya bru naik kls 3 sma jurusan ipa.
    Saya bingung kak mau ambil kuliah di Unsri jurusan FKIP matematika atau FMIPA matematika, kira” untuk peluang kerjanya lebih banyak dari FKIP atau FMIPA ya kak? terlebih khusus di bidang matematika semua..
    Terima kasih ya kak🙂

    • Menurut kakak, peluang kerja antara FKIP dan FMIPA sama, gaada yg lebih satu sama lain. Karena untuk tahun-tahun ini penerimaan pns atau pegawai sesuai dengan formasi masing-masing.

      Di bidang pendidikan (swasta) pastinya lebih cenderung merekrut pengajar dari FKIP. sama halnya dibidang perbankan atau asuransi, lebih ke FMIPA.

      Yg berbeda dari keduanya adalah lingkungan, relasi, penekanan ilmu, dan lain sebagainya.

      Sebagai contoh:
      Di FKIP, forum diskusi dan lowongan kerja ttg pengajar lebih banyak daripada di FMIPA. Bukan hanya lowongan kerja di Bimbel, privat ataupun kelompok belajar, tetapi juga lowongan studi S2 pendidikan lebih sering ditemukan. bahkan ketika baru memasuki masa kuliah (semester 1), sudah banyak yg menawarkan. Hanya, kita harus jeli, bukan fokus pada forum saja, tetapi juga pada lingkungan sekitar. Bisa jadi long-life learning gitu, seru sih ngajar orang (pendapat pribadi) haha. Bisa nabung amal jariah juga (jangan fokus ke honor nya dulu ya^^)

      Berbeda dengan FMIPA, disana lebih sering ditemukan lowongan dan informasi sekitar non-mengajar.

      Dalam menyikapi pilihan, yang lebih tau akan kebutuhan dan keinginan individu adalah dirinya sendiri.

      Dan juga, selalu cari informasi di banyak tempat. kalo kakak dulu sih di twitter (tentang snmptn gitu hehe) #curhat.

      Selagi berusaha, pasti akan ada kesempatan. Keep optimism!🙂

      • Kak, universitas itu mempengaruhi kualitas lulusan dalam mencari kerja atau tidak? Semisal kuliah di univ A yg akreditasi nya lbh rendah dari univ B. Saya msh bingung krn prodi yg mau saya ambil di univ itu rivalnya bejibun hehe, ini aja msh dlm lingkup sekolah. Lalu kakak ini kan dulu di fkip mtk unsri, kok bisa lanjut ke stan? Terima kasih sebelumnya

      • untuk lowongan kerja, biasanya ditanyakan tentang Akreditasi Universitas. yg akreditasi A biasanya diutamakan. dan beberapa tempat kerja tidak mau menerima lulusan yg akreditasinya C.

        untuk pertanyaan selanjutnya, kakak ada alasan tersendiri dan tidak bisa dipublikasikan. Trims🙂

  17. kak mau nanya dulu itu kakak ikut SNMPTN juga ikut tes STAN? di tes STAN itu kan ada tes kebugaran jasmani, itu ngapain aja?

    • Kebugaran jasmani:
      1. Lari lapangan sepakbola selama 12 menit:
      Normalnya cowok 5,5 keliling. cowok bea cukai 6-8 keliling.
      cewek 4 keliling. cewek bea cukai 5-7 keliling.
      2. Sprint angka 8 dengan 2 tiang pada jarak tertentu 3 kali: normal cowok 18 detik. cewek 20 detik (kalo gak salah) lupa haha. udah.

  18. kak mau nanya saya udh kelas 3 smk, jurusan yg saya pilih di smk tkj (teknik komputer jaringan) , dn saya suka pelajaran matematika dn fisika, nilainya untuk matematika tp turun dari 92,89,85 ..dn saya jg lumayan bgs nilai di tkj nya, tp saya mau melanjutkan kuliah kk, kira” jurusan apa yang saya ambil saya bngung kk antara FMIPA matematika, FKIP matematika atau Ilmu komputer, atau teknologi informatika yg memang sudh jd jrusan saya wktu di smk . tlong sarannya kak? dan prospek kedepannya atau peluang kerjanya bgaimana kak . trimakasih

    • Saran kakak:
      Cari informasi lagi ttg Semua jurusan yg kamu sebut tadi.

      Diskusikan sama orang sekitar kamu dulu: Orang tua atau kerabat ttg ini.

      Masalah Prospek kedepan, Ilmu Komputer atau Teknik Informatika memiliki banyak pilihan kerja saat ini. Swasta terlebih lagi.

      Menurut kakak, FKIP Matematika luas (tetapi tidak seluas Ilmu Komputer) dan bisa digunakan di swasta maupun negeri.
      Itu semua tergantung pada minat kamu dimana: pengabdian pada negeri (PNS) atau Swasta.
      Mayoritas memilih PNS.

      Untuk FMIPA Matematika, hampir sama dengan FKIP Matematika. Akan tetapi, tidak untuk mengajar. Lebih kepada pendalaman konsep.

      Tanggapan untuk nilai kamu yg turun: Manjadda Wa Jadda..

      Salah dan kurang mohon maaf ya🙂

      • Kak aku mau tanya.alumni sekolahku ada yg diUnair matematika murni.Terus saya juga ingin mengambil matematika murni unair.Tapi temenku anak ips juga mau ngambil matematika murni unair.Dan dia selalu dapat juara umum 1 se ips.sedangkan saya cukup di juara 3 dan 2 .Siapakah yang harus mebgalah kak?

      • Maaf, kenapa harus ada yang mengalah? Kakak kurang ngerti.
        Pada intinya kita berdiri sendiri, do what you love, love what you do. No excuse for anything

  19. izin bertanya kaka .
    saya disuru ibu ambil fkip mtk
    tapi saya ga suka dan ga begitu minat sama mtk
    nilai saya rata di mtk
    gimana ya kak ? trims

    • Ngmg aja sejujurnya sama ibunya. Kakak juga gitu dulu, bedanya kakak gamau jadi guru waktu itu. Ibu kakak ngerti kok.
      Kalo ga minat, mau gimana aja sulit nanti. Apalagi abis kuliah, feel-nya ga bagus🙂

    • Targetnya sama? menurut kaka, gapapa juga, ada kok juara I & II diterima dijurusan dan kampus yg sama. coba aja🙂

  20. kak saya kan suka banget sama pelajaran matematika ya.. saya pengen jadi guru. .tapi saya masih bingung kalau dunia perkuliahan itu seperti apa. .agak takut gimna

      • Assalamu’alaikum ka.
        Kalo jurusan FKIP matematika itu selain menjadi tenaga pengajar, Bisa bekerja dimana ya kak ?

      • FKIP Matematika sejauh ini dispesialisasikan sebagai tenaga pengajar. tapi ada beberapa yang menjadi manajer di bimbel tertentu🙂

  21. Kak mau tanya, skrng kan aku lagi mau pilih jurusan, aku mau nya masuk mipa mtk di unsri. Tapi kira2 itu banyak ga ya kk peminatnya?
    Makasih kk

    • maaf bgt baru bisa bales, maklum kerjaan. mipa mtk unsri dibanding mipa lain lebih banyak peminat, namun cenderung lebih sedikitnya ketimbang fakultas lain di unsri. jadi, patut diperjuangkan dan dicoba🙂

  22. assalamualaikum…
    kak, mau tanya saya kan lulusan SMK FARMASI peluang diterima di SNMPTN FKIP matematika kira2 ada ngga yah?
    terus apakah jika kuliah itu pelajaran yg diberikan mengulang dri awal lagi atau tidak?
    mohon jawabannya…. terimakasih

    • Wa’alaikumsalam.
      Menurut kakak, peluang di SNMPTN itu relatif pada sekolahnya. Terakreditasi atau enggak, populer atau tidak, biasanya seperti itu.
      Menurut kakak, semua lulusan berpeluang sama. Tidak ada yang diunggulkan.

      Perkuliahan memang berbeda dengan sekolah. Pasti ada keterkaitan dengan jenjang sebelumnya, namun bisa dipelajari. Kebanyakan mengulang, untuk yang tidak pun masih bisa diikuti🙂
      So, Fighting!

    • Untuk tahun 2016, masih bisa.
      Ada beberapa yang bisa, dan ada yang tidak. Tergantung BANK masing-masing.

      Namun, jika diprediksikan, pemerintah akan menspesifikkan pekerjaan dengan studi yg diselesaikan.🙂

  23. Kak mau nanya dong
    Saya kan jurusan ips mau ngambil fkip mtk
    Saya ada minat untuk jadi tenaga pengajar tapi saya tidak sering bergaul dengan anak” gitu kak
    Mohon penjelasan nya kak

    • Maaf bgt baru bales.

      Poin pertama kamu udah pasti (ingin jadi tenaga pengajar di studi MTK), good!

      Untuk masalah cara mengajar, itu bisa belajar. Jika dalam 1 tahun, kita sering mengajar dalam beberapa situasi, kita akan bisa dengan sendirinya. Dengan catatan, sadari perkembangan kamu.

      FIGHTING🙂

  24. Ka, z lulusan thn 2016 ini, z mw ambil jrusan fkip mtk. Tp ka klo udh slesai kuliah ap qta langsung bisa krja di skolah negeri. Trus ka klo jrusan mtk i2 qt krjax di skolah sd,smp, atau smk ???

    • Maaf bgt baru bales :’)

      Setelah selesai pendidikan, bisa kerja di sekolah negri atau tidak? Jawabannya bisa saja.
      Namun, jika sekolah itu ingin menerima dan bukan sebagai PNS.

      Jika ingin mengajar di sekolah negri, tentu kita harus tes PNS sesuai dengan pengumuman penerimaan formasi PNS yang ada.

      Utk FKIP MTK diperuntukkan mengajar SMP dan SMA. Namun, utk mengajar SD juga bisa tetapi utk swasta (jika diperkenankan). Untuk Sekolah negeri tidak bisa. Karena Mereka menerima Lulusan FKIP PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)
      🙂

  25. Kak… mau nanya dong…
    Saya bingung ni mau lanjut kuliah..
    Saya kan suka matematika … nah trus saya daftar kuliah ambil FTMIPA (pendidikan matematika)
    Itu nanti prospek nya gi mana ka???
    Nah setelah saya daftar ayah saya malah kasih saran lagu buat ambil ekonomi agar bisa masuk perbankan n sjenis nya…jadi saya bingung ni ka…..
    Ada saran gak ka… yg kira2 peluang kerja nya mudah….
    Oya ka saya denger jg… tetangga temen saya lulusan matematika kok nda bisa ngajar ya kak… malah harus kuliah lg setahun… itu kenapa ya ka???

    Makasih

    • Maaf bgt baru bales.

      Untuk FMIPA, memang tidak diperuntukkan mengajar. Walaupun bisa mengajar, namun sedikit peluangnya. Kecuali kita S2 utk mengajar.

      Jika ditanya prospek kerja, memang lebih luas ekonomi, karena lowongan kerja dibidang keuangan sangat beragam jika dibandingkan FKIP. Namun, jika bidangnya juga berbeda.

      Jika kemudahan untuk bekerja, Fakultas Ekonomi dan FKIP sama saja. Tergantung individu itu sendiri mau mencari atau tidak.
      🙂

  26. Kak mau tanya,di fmipa matematika kalau kita sudah smstes 4 skrang,nah kan smester 5 nanti ada pembagian jrusan lg,antara matematika dan statistika,nah menurut kk mana jrusan yg peluang kerjanya lebih besar antara matematika dan statistika,trimakash

    • Maaf bgt baru bales.

      Dari pengalaman teman-teman kakak, mereka lebih milih Statistika.
      Alasannya prospek kerjanya lebih luas, dan mengajar Statistika juga dimanapun bisa (disetiap fakultas di universitas Matkul Statistika selalu ada).
      🙂

  27. kak saya jurusan matematika, barusan saja masuk. kalau kakak punya modul modul saya mau dibagi kak buat belajar. saya agak takut ini tiba tiba di jurusan matematika

    • Maaf baru bisa bales.
      Utk modul kakak sedikit sekali jika mencari di internet dan biasanya full english. Dari kakak sendiri pun, bukunya sudah lama.

      Saran kakak, berbaur saja dengan kakak tingkat yang mau membantu. Semakin banyak kenalan, semakin bagus. Jika beruntung, tipe soal dan tipe dosen bisa jadi obrolan kalian nanti untuk sukses di suatu mata kuliah.

      Semangat terus ya🙂

  28. Assalamualaikum
    Kak saya sudah mendaftar di PTN trus pilihan 1 pen.matematika pilihan 2 matematika mipa karna saya suka sama matematika. Tapi yg di terima pilihan 2 . Gimana ya kak saya agak takut dgn prospek matematika murni.
    Menurut kakak saya harus gimana

    • Maaf baru bisa bales.

      Tak perlu takut. FMIPA MTK banyak lowongannya di perusahaan manapun, bisa sebagai analis, karyawan biasa, dsb.

      Jika Ingin menjadi PNS/pegawai BUMN pun bisa, tergantung formasi penerimaannya🙂

      Menurut kakak, yang kamu harus lakukan sekarang adalah, belajar dengan sungguh2 jika bisa minimal IPK 3,25 (aman menurut kakak, karena biasanya syarat pegawai BUMN segitu). Dan juga byk kenalan dengan siapapun, Sehingga informasi selalu tersentuh olehmu. Ini mungkin tak terasa ketika kuliah, namun ketika lulus sangat berpengaruh.

      Keep fighting!🙂

    • hahaha, ok.

      Cerita aja dulu ya. Kakak memilih pindah dari fkip mtk itu karena kondisi kakak dan sekitar. Bukan karena prospek kerja ataupun masa depan. Kakak masih suka Matematika.
      Kakak skrg kerja di Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian Keuangan.

      Penghasilan? Searching aja di google “penghasilan pegawai pajak” atau yg lain juga mudah.
      🙂

      • Kak alhamdulillah aku dapet SNMPTN di Matemtatika murni FST UIN jkt tapi jujur semenjak SMA kls 2 kemampuan mtk aku menurun. Sebenarnya pilihan pertama aku pend.mtk tapi dapetnya di murni. Aku udah daftar ulang tapi sampai sekarang aku masih ragu saat nanti kuliah karena takut tertinggal jauh sama yg lain. Minta solusinya kak, terus aku sekarang harus belajar apa supaya nanti pas masuk aku ga bingung sendiri.

      • Alhamdulillah🙂

        Menurut kakak, kamu cari banyak kenalan dulu sama kakak tingkat, tanya-tanya sama mereka ttg modulnya apaaa, atau dosen yg enak itu di mata kuliah apaaa, kalo udah tau yg enak, pelajari dulu yg mudah, baru yg sulit.
        Itu aja sih.

        Fighting ya🙂

  29. Makasih sarannya ka, tapi masalahnya aku ga ada kenalan kakak kelas dan dosen. Dari daerah aku baru aku yang masuk jurusan itu jadinya bingung mau nanya siapa. Menurut kakak buku yang harus aku pelajari sekarang apa ? Aku matematika murni uin jakarta.

    • Buku? Ok🙂

      Buku yang harus dikuasai:
      – Bahasa Indonesia (Umum)
      – Bahasa Inggris (Umum)
      – Agama (Umum)
      – Fisika Dasar (Umum)
      – Kalkulus I (MTK)
      – Kalkulus II (MTK)
      – Statistika Dasar (Umum)
      – Geometri (MTK)
      – Statistika Matematika (MTK)
      – Matematika Diskrit (MTK)
      – Aljabar (MTK)
      dan lain-lain..

      itu biasanya ada di buku panduan kampus, dikasih ketika pendaftaran ulang.
      Jika ada kesempatan, kenalan aja sama kakak tingkat ya🙂
      pasti ada jalan kok nanti.

      Dari yg diatas, mata kuliah yg UMUM selalu ada. Dan KALKULUS itu biasanya Materi MATEMATIKA yang pertama dipelajari. Khasnya Matematika (tentang limit awalnya)

      Fighting!🙂

  30. Oke kak makasih ya :)siapa siap beli buku nih.he
    Kalo mtk dasar perlu ga kak ? Waktu daftar ulang aku ga dikasih panduan buat pembelajaran kak.

    • beli sesuai matkul aja nanti.

      oh. mungkin nanti, pas ospek. atau gak tanya aja sama dekanat atau kakak tingkat.

      Keep fighting ya!🙂

  31. Assalamu’alaikum kak , mau bertanya nih. Kalau di matematika murni itu kerjanya bisa d mana saja ?. Apakah peluang kerjanya luas dari pada jurusan2 lain .
    Makasih

    • wa’alaikumsalam🙂

      peluang kerja lulusan Matematika Murni luas, namun tak seluas lulusan di bidang ekonomi dan teknik.

      Kebanyakan peluang mtk murni ada di perusahaan-perusahaan yang mencari sebagai pengembang dan analis kemajuan perusahaan (biasanya di kota-kota besar)

Leave a Reply

