MATEMATIKA! Urutan pertama jurusan bergaji BESAR

Mungkin kebanyakan orang, termasuk anak SMA masih bingung memilih jurusan untuk menlanjutkan kuliah Universitas/Perguruan Tinggi. Sebelum memilih, pasti ada pertimbangan.

Pertimbangan tersebut bisa berupa sebagai berikut.

  • Dari kemauan/bakat dari DIRI SENDIRI

Ingat! LOVE what you do, and DO what you love

  • Pertimbangan/pendapat orang tua

Restu orang tua akan membawa keberkahan dan kebahagiaan

  • Peluang Kerja.

Pertimbangan ini dapat didukung pendapat dari sebuah buku 7 Jurusan bergaji besar karya Ina Liem.

Tetapi jurusan MATEMATIKA ada 2 Fakultas, yaitu:

  1. FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (FMIPA)
  2. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP)
  • Jika kuliah matematika di FMIPA, maka akan belajar tentang MATEMATIKA MURNI.

Artinya mendalami/meneliti matematika. Lulusan S1-nya dapat bekerja di Lembaga Penelitian/Pemerintah.

Lulusan FMIPA bisa menjadi guru, dengan syarat mengambil pendidikan Akta-VI.

  • Jika kuliah (pendidikan) matematika di FKIP, maka akan belajar tentang MENGAJAR MATEMATIKA.

Artinya Mengajar Matematika dan bergelut di bidang Pendidikan. Lulusan S1-nya dapat mengajar di Sekolah dan Institusi.

Lulusan FKIP juga belajar tentang matematika murni, tetapi tidak terlalu mendalami.

Mengapa matematika urutan pertama jurusan yang bergaji BESAR?

Jawabannya: Karena lulusan matematika FMIPA atau FKIP bisa menjadi PAKAR ANALISIS di perusahaan besar (INFORMATIKA dll).

JADI, PILIHLAH JURUSAN DENGAN PERTIMBANGAN YANG MATANG!

Advertisements

133 thoughts on “MATEMATIKA! Urutan pertama jurusan bergaji BESAR

    • Wa’alaikumsalam.
      Bingung gimana?
      Kalo mau belajar matematikanya, byk FMIPA ketimbang FKIP. karena FKIP udah kebagi sama teori mengajar.
      Kalo SNMPTN, utk agak sulit. Tapi tetep coba.
      Kalo dikasih kesempatan SBMPTN, Maksimalkan disana nanti.

      Maaf yaa telat balesnya :’)

  1. kak saya mau nanya.. saya kan dari jurusan ips, jadi mau ambil fkip matematika.. apakah bisa? trus nilai saya naik turun.. kemungkinan bisa gk masuk mlalui snmptn? alhamdulillah saya masuk 5 besar, tapi selalu naik turun nilainya

    • snmptn itu bukan hanya diliat dari peringkat sih. Pengalaman kakak, yg snmptn itu yang nilainya naik terus walaupun peringkat dibawah 5. gitu 🙂

  2. Assalamualaikum ka
    Aku sekarang kls 12sma ipa ka lgi mau ngisi snmptn
    Dri sd,smp suka sama pljran mtk dan selalu dpat nilai besar saat smp nilai d ijazah mtk saat UAS 9,34 dan UN 9,00 tpi SMA ini aku kayak ngerasa kemampuan mtk agak berkurang, kayak lama mengerti, lama nalar gak secepet dulu, dan nilainy juga gak terlalu besar dan terbilang standar, bahkan dlu pernah ikut les sempoa dan wisudawan terbaik 1 seprov.
    Dan sekarang mau milih jurusan mtk, bingung mtk mipa itu prospek kerjany apa kak, kalau pendidikan mtk itu fkip jdi guru kan, bisa tidak jadi dosen? Ada yg bilang kalau fkip mtk tidak bisa jdi dosen?
    Kalau orang d rumah d saranin fkip mtk.
    Tpi aku kayakny gak terlalu suka jdi guru kak😢
    Tpi kalau mipa kayakny bingung kayak jdi neliti
    Terus salah gak kak milih jurusan pend.mtk ketika sma pmbelajran mtkny mengurang, kyak sulit mengerti
    Ohhiya btw ini mau masuk k unsri jg loh kaj hhee

    • Wa’alaikumsalam. Maaf ya cici… lama banget balesnya. Maaf. Kerjaan makin banyak soalnya :’)

      gimana jadi yg kemarin? ngambil apa?

      Untuk jadi dosen itu syaratnya S2 utk skrg. jadi kalo kamu S1 fkip mtk, dan lanjut S2 matematika atau pendidikan matematika, tetep bisa jadi dosen.

      kalo menurut kamu, kemampuan matematika kamu berkurang, bisa kok itu secara perlahan dibenahi lagi. Karena jadi guru itu selalu belajar sebelum dia ngajar (idealnya)

      🙂

  3. Assalamualaikum ka mau nanya kan nilai saya mtk rata2nya lumayan, nah tpi diskolah saya ada yg mendaftar pend.matematika upi peringkat paralelnya pun tinggi dia dia masuk 10 besar dan saya 20 besar itu peringkat seangkatan program mipa..nah upi kan favorit bgt mtk nya menurut kakak mtk aja atau biologi.tapi nilai saya lbh bsar mtk
    Makasih ka

    • Wa’alaikumsalam. Maaf yaa balesnya telat banget. :’)

      Itu semua tergantung minat kamu sih. Yg mana yg nyaman, dipanggil guru matematika atau guru biologi 🙂

  4. Ka,aku pengen ambil kuliah kelas karyawan di universitas swasta yang ada mtk murninya ada gak sih univ swasta yg ada jurusan mtk murninya, soalnya sekali ada akrednya masih C.

  5. asssalamualaikum kak mau tanya, kakak kuliahnya dimana? masuk melalui jalur SBMPTN/SNMPTN/UJIAN MANDIRI kak? masuk tahun berapa?
    terus kak, kalau misalnya nilai yang dilihat kalau mau masuk jurusan matematika itu, kalau nilai dari raportnya yang dilihat nilai matematikanya saja atau semuanya kak?
    kalau ga keberatan boleh ga kak jelasin perbedaan jalur masuk ptn (SBMPTN,SNMPTN,UJIAN MANDIRI) cara memperolehnya itu gimana kak?
    terimakasih kak sebe;umnya

    • Wa’alaikum salam. kakak kebetulan ga keterima sbmptn atau snmptn. soalnya kakak ngambil jurusan lain dan nyoba beasiswa 0% spp._. jadi dulu fokus banget ke bidang lain. pas ujian mandiri, nyoba aja, ternyata dpt. haha. gt.

      untuk snmptn itu liat secara keseluruhan nilai. bukan hanya matematika, walaupun kita cuma mau masuk matematika.

      SBMPTN itu saringan umum nasional. Ujiannya lumayan butuh extra effort.
      SNMPTN itu pake nilai raport. salah satu syaratnya itu harus naik terus nilainya dari tahun ke tahun.
      Mandiri itu dibuka oleh Universitas/Perguruan Tinggi yang bersangkutan.
      *catatan: SBMPTN & Mandiri itu ujian. Jadi yg pasti belajar, banyak latihan soal dan Pemahaman Konsep nya harus kuat.

      Maaf yaa telat banget bales :’)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s