Web-Based Lesson: Teorema Pythagoras

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VIII/I
Materi Pokok : Teorema Pythagoras
Waktu : 1 x 40 menit
A. Standar Kompetensi
3. Menggunakan Teorema Pythagoras dalam pemecahan masalah.

B. Kompetensi Dasar
3.1. Menggunakan Teorema Pythagoras untuk menentukan panjang sisi-sisi segitiga siku-siku.

C. Indikator
1. Mengetahui cara menemukan Teorema Pythagoras
2. Menghitung panjang sisi segitiga siku-siku jika dua lain diketahui

D. Materi Pokok dan Uraian Materi
1. Menemukan Teorema Pythagoras
2. Menerapkan Teorema Pythagoras

E. Pengalaman Belajar
1. Mengetahui Teorema Pythagoras
2. Mendiskusikan penerapan Teorema Pythagoras

Materi:
TEOREMA PYTHAGORAS
1. Guru mengingatkan kembali tentang jenis-jenis dan sifat-sifat segitiga sebelum memasuki materi Teorema Pythagoras.
Dalam hal ini, segitiga siku-siku dapat dikaitkan dengan Teorema Pythagoras. Pembelajaran diawali dengan sifat-sifat segitiga siku-siku. Teorema Pythagoras mempunyai keterkaitan tentang bagaimana mencari salah satu panjang sisi dengan dua sisi lain yang diketahui.

2. Guru memberikan materi dengan menggunakan Media Pembelajaran.
Tanpa sadar, kita sering berjumpa dan menggunakan Teorema Pythagoras di kehidupan kita sehari-hari. Teorema Pythagoras sangat berkaitan dengan Segitiga siku-siku. Hal ini diawali dengan pembuktian Teorema Pythagoras dengan bantuan media pembelajaran. Pembuktian:
Cover:
slide 1 ppt

(salah satu) slide materi:
slide1 ppt

Slide Intruksi:
Intruksi slide

Slide Penutup:
penutupan slide

Menggunakan Video Pembelajaran:

 

Setelah siswa memahami materi, guru memberikan lembar kerja siswa.
Menggunakan Teorema Pythagoras untuk Menghitung Panjang Salah Satu Sisi Segitiga Siku-Siku jika Kedua Sisi lain diketahui

Soal: Diketahui segitiga ABC siku-siku di B dengan AB = 6 cm dan BC = 8 cm. Hitunglah panjang AC!
Penyelesaian:
Dengan menggunakan teorema Pythagoras berlaku:
〖AC〗^2= 〖AB〗^2+ 〖BC〗^2
= 6^2+ 8^2
= 36+64
= 100
AC = √100=10
Jadi, panjang AC = 10

Latihan soal
a) Panjang sisi siku-siku suatu segitiga adalah a cm dan b cm, dan panjang sisi miring c cm. Tuliskan hubungan antara a, b, dan c.

b) Panjang salah satu sisi segitiga siku-siku 12 cm, dan panjang sisi miringnya 13 cm. Hitunglah panjang sisi siku-siku yang lain.

c) Seorang anak menaikkan layang-layang dengan benang yang panjangnya 100m. Jarak anak di tanah dengan titik yang tepat berada dibawah layang-layang adalah 60 meter. Hitunglah ketinggian layang-layang!

4. Beberapa siswa memberikan hasil kerja di depan kelas.
5. Pada akhir pertemuan, guru memberikan tugas berupa soal-soal dengan konteks nyata.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s